KEMULIAAN YANG DITENTUKAN ALLAH BAGI ORANG-ORANG KUDUS

Di dalam kitab Efesus pasal 1 : 17, Paulus berdoa & dlm doanya ia meminta kepada Allah supaya ALLAH memberikan kepada jemaat di Efesus Roh hikmat dan wahyu untuk mengenal Dia dengan benar. Roh hikmat ialah salah satu dari ke-7 Roh Allah (Why.4:5) yg dipercayakan pada org khusus untuk pembukaan makna dari rahasia-rahasia shg dpt menguraikan kekusutan (Dan.2:17-23, 5:16).

Wahyu ialah sesuatu yang diperlihat-kan Allah sehingga dapat dilihat atau jika itu suatu pesan, maka dapat di-dengar oleh roh orang yang menerimanya (Why.1:1-2,20; Kis.10:10-16). Melalui Roh hikmat & Wahyu ini, jemaat di Efesus dapat mengenal Allah dengan benar (Ef.1:17).

Kerinduan terdalam rasul Paulus untuk jemaat di Efesus ialah supaya mereka mengenal Allah dgn benar. Mengenal Allah yang alkitabiah ialah “pengertian” (Amsal 9:10b). Bila kita berpegang teguh pada firman Tuhan akan membuat kita lebih berpengertian dari orang tua (Maz.119:100).

Firman Tuhan yang meresap ke dalam hati, akan menjadikan mata hati kita terang, sehingga kita mengerti pengharapan apa yang terkandung dlm panggilan Allah : Betapa kayanya kemuliaan bagian yang ditentukan-Nya bagi orang-orang kudus (Ef.1:18),

Bentuk-bentuk kemuliaan Allah yang akan dinyatakan kelak kepada orang-orang kudus ialah :
1. Mereka akan didudukkan bersama- sama dgn Kristus di atas takhta-Nya, sebagaimana Yesus pun telah menang & duduk bersama-sama dengan Bapa di atas takhta-Nya (Why.3:21).
2. Mereka akan memerintah sebagai raja bersama-sama dengan Dia(Why.20:6). Dan malam tidak akan ada lagi di sana, dan mereka tidak memerlukan cahaya lampu & cahaya matahari, sebab Tuhan Allah akan menerangi mereka, dan mereka akan memerintah sebagai raja sampai selama-lamanya (Why.22:5).
3. Diberikan kuasa-Nya (Efs.1:19). Kuasa Allah ini merupakan satu kegiatan, manifestasi & kekuatan Roh Kudus yg bekerja dlm orang- orang kudus. Kuasa dan Roh yang sama ini telah membangkitkan Yesus dari antara orang mati dan mendudukkan-Nya di sebelah kanan Allah (Ef.1:20).

Sekarang ini Yesus berada di sebelah kanan Allah di Sorga (Ef.1:20). Jauh lebih tinggi dari segala pemerintah & penguasa & kekuasaan & kerajaan & tiap-tiap nama yg dapat disebut, bukan hanya di dunia ini saja, melainkan juga di dunia yg akan datang (Ef.1:21).

Kekuatan kuasa Allah yg dahsyat itu tidak hanya membangkitkan Yesus dari antara orang mati, tetapi semua orang kudus juga akan dibangkitkan pada waktunya untuk supaya menjadi seperti tubuh kebangkitan Tuhan sendiri (Rom.8:29; 1Kor.15:20-23; Fil.3:20-21).

Tubuh orang kudus yang dibangkit-kan itu adalah tubuh yg memiliki kesinambungan & ciri-ciri yg sama dgn tubuh dari kehidupan ini & karenanya dapat dikenal ( Luk.16:19-31). Suatu tubuh yg diubah menjadi tubuh sorgawi yg disesuaikan untuk langit yang baru & bumi yg baru (1Kor.15:42-44,47-48; Why.21:1).

Suatu tubuh yg tidak dapat binasa, bebas dari kebusukan & kematian (1Kor.15:42), tubuh kemuliaan, seperti tubuh Kristus (1Kor.15:43; Fil.3:21). Suatu tubuh yg kuat, tidak dipengaruhi penyakit atau kelemahan (1Kor.15:43), suatu tubuh rohani, tidak terikat pada hukum alam (1Kor.15:44; Luk.24:31).

Dan segala sesuatu telah diletakkan Allah di bawah kaki Kristus (jemaat lokal) & Yesus telah diberikan Allah kepada jemaat sebagai kepala dari segala yang ada (Ef.1:22). Jemaat yang adalah tubuh-Nya, yaitu kepenuhan Yesus, yang memenuhi semua dan segala sesuatu (Ef.1:23).

Syaloom... Medio Pengajaran 12 September 2010

Comments :

0 comments to “KEMULIAAN YANG DITENTUKAN ALLAH BAGI ORANG-ORANG KUDUS”

Post a Comment