BEBERAPA PERBEDAAN ANTARA ORANG YG TELAH LAHIR KEMBALI DARI AIR & ROH, DGN YG BELUM.

Pada waktu seseorang dilahirkan kembali dari Roh (Yoh.3:6) menjadi anak Allah, maka Allah telah menyuruh Roh Anak-Nya ke dalam hati kita, yg berseru: ”ya Abba, ya Bapa!” (Gal.4:6).

Dari 2 ayat Firman Tuhan ini, kita telah melihat bahwa org yg telah lahir kembali dari Roh, adalah “anak Allah” & Allah telah menyuruh Roh Anak-Nya ke dlm hati mereka. Dan mereka dpt memanggil Allah sebagai “Bapa” . Juga dapat menjadi ahli-ahli waris-Nya (Gal.4:7).

Warisan itu ialah : (1).Ditentukan hak-hak kerajaan bagi mereka. (2). Makan & minum semeja dgn Yesus di dalam kerajaan-Nya. (3). Duduk di atas takhta utk menghakimi ke-12 suku Israel (Luk.22:29-30).

Tapi hrs menang & melakukan pekerjaan-Nya sampai kesudahannya (Why.2:26-28). Sebab sedikit, bahkan sgt sedikit wkt lagi, Ia yg akan datang, sdh akan ada, tanpa menangguhkan kedatangan-Nya (Ibr.10:37).

Karena itu, janganlah kita menjauhkan diri dari pertemuan-pertemuan ibadah kita, seperti dibiasakan oleh beberapa org, ttp marilah kita saling menasihati, & semakin giat melakukannya menjelang hari Tuhan yang mendekat (Ibr.10:25).

Sebab jika kita sengaja berbuat dosa, sesudah memperoleh pengetahuan ttg kebenaran, maka tdk ada lagi korban utk menghapus dosa itu. Ttp yg ada ialah kematian yg mengerikan akan penghakiman & api yg dahsyat yg akan menghanguskan semua org durhaka (Ibr.10:27).

Orang “durhaka” dalam ayat di atas ialah dia yg menginjak-injak Anak Allah, yg menganggap najis darah perjanjian yg mengudus-kannya, & yg menghina Roh kasih karunia (Ibr.10:29). Istilah yg lain untuk org “durhaka” ialah orang yang mundur dari persekutuan kita.

Tetapi orang-Ku yang benarakan hidup oleh iman, & apabila ia mengundurkan diri, maka Aku tidak berkenan kepadanya (Ibr.10:38). Tetapi kita bukanlah org-org yg mengundurkan diri & binasa, ttp org-org yg percaya & yg beroleh hidup (Ibr.10:39).

Benarlah perkataan ini: “Jika kita mati dgn Dia, kitapun akan hidup dgn Dia; jika kita bertekun, kitapun akan ikut memerintah dgn Dia; jika kita menyangkal Dia, Diapun akan menyangkal kita.” (2Tim.2:11-12).

BERBEDA DENGAN ORANG YANG BELUM DILAHIRKAN KEMBALI. Secara rohani, “ia mati” (Ef.2:1) & masih di dlm maut (Yoh.5:24). Karena dosa Adam, dosa leluhurnya, dosa orang tuanya & dosa dirinya sendiri. Oleh dosa itu juga maut, demikianlah maut itu telah menjalar kpd semua org, (Rom.5:12).

Mati rohani artinya “roh” terpisah dari Allah karena segala kejahatan & dosa (Yes.59:2). Jauh dari hidup persekutuan dengan Allah, krn kebodohan yg ada di dalam mereka & krn kedegilan hati (Ef.4:18).

Org yg belum lahir kembali disebut juga “manusia lama” yg menemui kebinasaannya (Ef.4:22). Manusia lama senang dlm dosa, mengikuti jalan dunia ini, mentaati penguasa kerajaan angkasa yaitu Iblis yg sedang bekerja (Ef. 2:2).

Syaloom.......
Medio Pengajaran, 3 Oktober 2010

Comments :

0 comments to “BEBERAPA PERBEDAAN ANTARA ORANG YG TELAH LAHIR KEMBALI DARI AIR & ROH, DGN YG BELUM.”

Post a Comment