BAGAIMANA PRINSIP ALKITAB MENGENAI KEPEMIMPINAN ( HEADSHIP ) ? (Lanjutan)

Tiga lembaga yang ditunjuk Allah untuk mengatur kehidupan manusia seperti yang telah disebutkan di atas yakni : (1) Pemerintahan Negara. Karena lem-baga ini menggunakan sistem peme-rintahan di luar TUHAN, sehingga ke-kuasaan yang digunakan adalah dari si jahat. Raja-raja dunia bersiap-siap untuk melawan TUHAN dan yang diurapi-Nya (Maz.2:1-2).

Allah Bapa telah berfirman Kepada Yesus; duduklah di sebelah kanan-Ku, sampai musuh-musuh-Mu Kutaruh di bawah kaki-Mu (Mat.22:44). Yesus di sebelah kanan Allah Bapa sedang berdoa, tetapi jemaat-Nya di bumi ini harus berdoa juga sampai musuh-musuh Yesus Allah taruh di bawah kaki-Nya. Kaki Yesus ialah Jemaat-Nya.

Itulah sebabnya, Paulus mengatakan : “Semoga Allah sumber damai sejahtera, segera akan menghancurkan Iblis di bawah kakimu “(Rom.16:20). Akan tiba kesudahannya, yaitu bilamana Ia menyerahkan Kerajaan kepada Allah Bapa, sesudah Ia membinasakan segala pemerintahan, kekuasaan & Kekuatan. Karena Ia harus memegeng pemerintahan sebagai Raja sampai Allah meletakan semua musuh-Nya di bawah kaki-Nya (1Kor.15:24-25). Tetapi sekarang ini belum kita lihat, bahwa segala sesuatu telah ditaklukkan kepada-Nya (Ibr. 2:8c).

(2). Keluarga Kristen, merupakan lem-baga yang harus dilindungi dari roh Izebel sehingga kepemimpinannya tidak tersungsang, agar berkat-berkat rohani dan jasmani turun memenuhi seluruh kehidupan keluarga seperti yg diinginkan TUHAN (Ulangan 28).


(3) Gereja Lokal.
ALLAH telah melantik Mesias sebagai Raja-Nya di sion, gunung TUHAN Yang Kudus (Maz.2:6).
Sion dalam ayat ini adalah kota Allah (Maz.87), diartikan sebagai jemaat-Nya yg seorang demi seorang dilahirkan di dalamnya (Maz.87:5) Dan Dia Yang Maha Tinggi menegakkannya (ay.6).

Dalam struktur kepemimpinan Gereja Lokal, gelar “Pemimpin” hanya layak disandang oleh Mesias (Mat.3:10). Mesias artinya : “Yang diurapi oleh TUHAN.” Dia pula yang akan mengangkat gembala untuk menggembalakan umat-Nya (Yeh.34:23; Yeh.37:24). Lewat orang yg diangkat ini, Yesus sendiri yang me-merintah (1 Sam.8:7). Suara TUHAN, tgl. 12 Mei 2010 : “AKU akan memimpinmu.”

TIGA BENTUK PELAYANAN DI DALAM PERJANJIAN LAMA. Tiga bentuk pelayanan kepemimpinan terdapat di dalam umat Israel: Raja, gembala dan nabi. Ketiga pelayanan dilaksanakan bersamaan untuk bangsa Israel oleh orang yang sama. Hal ini kita jumpai dalam diri Daud (Yhz.34:23; 37:24 & Kis.2:29-30). Ketiga jabatan di atas berbeda.

Raja bukanlah gembala, gembala bukanlah raja dan gembala bukanlah salah satu atau keduanya. Namun ketiganya berhubungan satu dengan yang lainnya. Ketiga pelayanan itu amat berbeda dalam karakter dan maksudnya, tetapi ketiganya sama pentingnya. Raja berfungsi untuk urusan negara, membuat program & kebijakan dalam rangka melindungi negara dll.

Gembala. Gembala adalah untuk mengurus jemaat setempat. Memberi makanan rohani, menjadi petunjuk jalan, bersedia menyerahkan nyawa untuk domba-domba, mengutamakan keselamatan jiwa-jiwa, membela kawanan domba di masa sulit,dll.

Nabi. Tugasnya untuk bernubuat. Bernubuat ini mempunyai dua arti. Pertama, meramalkan hal-hal yang akan terjadi seperti apa yg. Diperlihatkan Allah kepadanya melalui Roh-Nya. Dan kedua, menyampaikan Firman Tuhan yang ditimbulkan di hati.

Syaloom... Medio Pengajaran 5 September 2010

Comments :

0 comments to “BAGAIMANA PRINSIP ALKITAB MENGENAI KEPEMIMPINAN ( HEADSHIP ) ? (Lanjutan)”

Post a Comment