JANGAN MEMBANGKITKAN CEMBURU TUHAN DENGAN YG BUKAN ALLAH & JGN MENIMBULKAN SAKIT HATI-NYA DENGAN BERHALAMU (UL.32:21)

Mengapa penyembahan berhala begitu menarik bagi bangsa Israel?
Beberapa faktor terlibat :

1. Bangsa Israel dikelilingi oleh bangsa-bangsa lain yang percaya bahwa menyembah beberapa dewa itu lebih unggul dari pada menyembah satu Allah saja, sehingga umat Allah terpengaruh oleh bangsa-bangsa tersebut.

2. Para dewa bangsa-bangsa lain tidak menuntut ketaatan & kekudusan. Sedangkan Allah bangsa Israel menuntut umat-Nya untuk mentaati semua peraturan & hukum-hukum, sebagaimana digariskan dalam Taurat-Nya supaya memelihara hubungan yang menyelamatkan dengan diri-Nya.

3. Karena roh-roh jahat menghuni berhala-berhala (Maz.106:36-37; 1Kor.10:19,20; 2Kor.4:4). Roh-roh jahat ini mampu menimbulkan daya tarik luar biasa bagi mereka yg menyembahnya,sehingga mereka tidak tertarik kpd Tuhan Yesus & Roh Kudus-NyaKarena hati mereka ada di berhala-berhala mereka (Mat.6:21)

Sekarang ini orang mungkin tidak menyembah dewa yang terbuat dari kayu atau batu yang diberhalakan, tetapi sesungguhnya mereka menyembah roh-roh jahat yang ada di balik ketamakan, memberhalakan pekerjaan, memberhalakan anak, memberhalakan TV, memberhalakan hobi, dll. Sehinggahari Sabat & jam-jam doa dilalaikan.

Jika hari sabat, jam-jam DOA pagi dan petang dilalaikan atau dilupakan, karena sibuk dgn berhala-berhalamu, itu = melupakan Allah yg melahirkan engkau (Ul.32:18). Maka Allah juga menolakmu krn Ia telah sakit hati & membuat Dia menyembunyikan diri terhadapmu dan melihat bagaimana kesudahanmu (Ul.32:19,20).

Kesudahan dari orang-orang yang "melalaikan hari-hari sabat, jam-jam doa pagi & petang" untuk melayani berhala-berhalanya ialah, ini :
* Tuhan akan membangkitkan cemburu mereka dgn yg bukan umat
* Tuhan akan menyakiti mereka dgn yg bukan umat (Ul.32:21c).
* Api dari Tuhan memakan hasil usaha mereka (Ul.32:22).
* Tuhan menyerahkan kpd Iblis (ay. 30).
* Yeremia 2 : 19 - 20, 26 - 28)

Amin.......... Medio Pengajaran 23 Januari 2011

Comments :

0 comments to “JANGAN MEMBANGKITKAN CEMBURU TUHAN DENGAN YG BUKAN ALLAH & JGN MENIMBULKAN SAKIT HATI-NYA DENGAN BERHALAMU (UL.32:21)”

Post a Comment