PENGADILAN TERHADAP ORANG PERCAYA

2 Kor.5:10 “Sebab kita semua harus menghadap takhta pengadilan Kristus, supaya setiap orang memperoleh apa yang patut diterimanya, sesuai dengan yang dilakukannya dalam hidupnya ini, baik ataupun jahat.”

Firman Tuhan di atas mengajarkan bahwa pada suatu hari kelak orang percaya harus memberikan pertanggungjawaban di hadapan “takhta pengadilan Kristus”. Mengenai pengadilan orang percaya ini, fakta berikut ini harus diperhatikan :

Semua orang Kristen akan menghadapi pengadilan itu; tanpa perkecualian (Rom 14:12). Karena Allah akan membawa setiap perbuatan ke pengadilan yang berlaku atas segala sesuatu yang tersembunyi, entah itu baik, entah itu jahat (Pkh 12:14).

Pengadilan ini sekarang telah dimulai, dan pada rumah Allah sendiri yang harus pertama-tama dihakimi. Dan jika penghakiman itu dimulai pada kita, bagaimanakah kesudahannya dengan mereka yang tidak percaya pada Injil Allah?(1Pet 4:17).

Hakimnya ialah Tuhan Yesus (Yoh 5:22; 2Tim 4:8). Alkitab berbicara mengenai pengadilan orang percaya sebagai sesuatu yang serius, khususnya karena hal itu meliputi kehilangan atau kerugian (1Kor 3:13-15a). Adanya rasa malu di hadapan-Nya (1Yoh 2:28).

Kata “menghadap” (Yun. Phaneroo, 2Kor 5:10) berarti : “disingkapkan secara terus terang di hadapan umum”. Allah akan menyatakan secara terbuka perbuatan jahat kita yang tersembunyi (Mrk 4:22; Rm 2:16). Begitu juga kalau kita setia berbuat yang baik, akan menerima balasan dari Tuhan (Ef 6:8).

Pendeknya, setiap orang percaya harus memberikan pertanggungjawaban atas kesetiaan atau ketidaksetiaan mereka pada Allah (Mat 25:21-30). Akibat khusus dari pengadilan orang percaya ini beraneka ragam, ada yang merasa malu terhadap Tuhan Yesus (1Yoh2:28), ada yang mendapat pujian ilahi (Mat 25:21), ada yang mendapat kemuliaan, kehormatan & damai sejahtera (Rm 2:10). Ada yg diberi tugas dan kekuasaan (Mat 24:45-47), ada yang dibunuh (Mat 24:48-51). Itu sebabnya rasul Petrus mengingat-kan, supaya: Kuasai diri & jadilah tenang, supaya kamu dapat berdoa (1Pet 4:7b).

Amin... Ibadah Tutup Tahun 31 Desember 2010

Comments :

0 comments to “PENGADILAN TERHADAP ORANG PERCAYA”

Post a Comment