GEREJA (Matius 16 : 18)

Mat 16:18 “Dan Akupun berkata kepadamu : Engkau adalah Petrus dan di atas batu karang ini Aku akan mendirikan jemaat-Ku dan alam maut tidak akan menguasainya.”

Kata Yunani eklesia (jemaat) menunjuk kpd suatu pertemuan dari umat Tuhan yg telah dipanggil keluar dari kegelapan kpd terang-Nya yg ajaib (1Pet 2:9) dgn tujuan beribadah kepada-Nya. Kata “jemaat” dipakai utk menunjuk kpd gereja lokal (Mat 18:17) atau gereja yg universal (Mat 16:18).

Gereja berada dalam bentuk yg tdk kelihatan dan yang kelihatan. Gereja yang tidak kelihatan adalah yang universal. Gereja yg kelihatan terdiri atas jemaat-jemaat setempat atau gereja lokal, disebut juga tubuh Yesus (Ef 1:23), dan Yesus telah diberikan Bapa kpd jemaat sebagai Kepala (ayat 22).

Suatu gereja lokal di katakan berada di dalam Allah Bapa & di dalam Yesus Kristus, adalah jika :

Yesus “membangunnya” (Mat 16:18). Seperti apa Yesus membangun jemaat/gereja lokal-Nya? Seperti membangun “bait Allah” (Ef 2:21) untuk menjadi “tempat kediaman-Nya di dalam Roh” (ayat 22). Siapa mereka yg dibangun jadi bait-Nya?
Org-org kudus (19).

Jika ada org yg membinasakan Bait Allah, Tempat Kediaman Allah, maka Allah sendiri akan membinasakan dia (1Kor.3:17). Karena Yesus yg kita sembah sekarang tdk seperti yg “di palungan”, tetapi seperti “api” tukang pemurni logam & “penatu” (Mal.3:2)

Aminn... Ibadah Malam Natal 24 Desember 2010

Comments :

0 comments to “GEREJA (Matius 16 : 18)”

Post a Comment