Materi Pengajaran dalam Ibadah Minggu 17 Januari 2010

"RENCANA YESUS UNTUK GEREJA-NYA DI AKHIR ZAMAN INI ADALAH MEMBERIKAN URAPAN 2X GANDA"

Dan sesudah berkata demikian, Ia mengembusi mereka dan berkata: "Terimalah Roh Kudus” (Yoh.20:22). Ini adalah pemberian Roh Kudus oleh Yesus kepada murid-murid-Nya pada hari kebangkitan. Peristiwa ini sekedar pemasukan pertama dari kehadiran Roh Kudus untuk membaharui roh para murid dan kehidupan yang baru dari Kristus yang sudah bangkit.
Ajaran terakhir Yesus sebelum pengadilan dan penyaliban-Nya, Ia berjanji kepada murid-murid bahwa mereka akan menerima Roh Kudus yang akan menyertai mereka dan akan diam di dalam mereka (Yoh.14:17), di dalam Yoh.20:22 Yesus menggenapi janji tersebut. Di dalam Kej.2:7 dimana “Allah … menghembuskan nafas hidup ke dalam hidung Adam; demikian-lah manusia itu menjadi makhluk yang hidup.”
Kata kerja yang sama ditemukan dalam Yeh.37:9, “dan berembus-lah ke dalam orang-orang yang terbunuh ini, supaya mereka hidup kembali.” Pemakaian kata kerja ini oleh Yohanes menunjukkan bahwa Yesus sedang memberikan Roh Kudus supaya mendatangkan hidup dan ciptaan yang baru. Yaitu, sama seperti Allah dahulu menghembuskan nafas kehidupan ke dalam Adam jasmaniah dan jadilah manusia yang hidup (Kej.2:7).
Demikian pula sekarang Yesus harus menghembuskan nafas kehidupan-Nya ke dalam setiap orang percaya, supaya orang percaya itu dibaharui di dalam roh & pikiran & mengenakan manusia baru, yang telah diciptakan menurut kehendak Allah di dalam kebenaran & kekudusan yang sesungguhnya (Ef.4:23-24)
Pembaharuan adalah penciptaan kembali atau kelahiran kembali dalam roh manusia. Tanpa kelahiran baru ini seorang tidak mungkin dapat melihat kerajaan Allah (Yoh.3:6; Tit.3:5).
Melalui proses kelahiran kembali ini, hidup kekal dari Allah disalurkan ke dalam roh orang percaya (1 Yoh.5:11-12), sehingga dia menjadi anak Allah (Yoh.1:12; Rm.8:16-17) atau ciptaan yang baru (2 Kor.5:17).
Bagian pengajaran ini sangat penting untuk kita memahami bahwa Yesus berencana agar gereja-Nya disini diberikan kelak urapan 2x ganda. Dan itu dimulai dari pemasukan pertama dari kehadiran Roh Kudus dalam Yoh.20:22 ,dan selanjutnya dibaptiskan dalam Roh Kudus sebagaimana dialami murid-murid pada hari Pentakosta (Kis.1:5; 2:4) agar memperoleh kuasa-Nya yang berlipat ganda sehingga dapat menjadi saksi-saksi-Nya (kis.1:8)
Sebagai tambahan maksud Yesus meng-embusi murid-murid dalam Yoh 20 : 22, adalah untuk membersihkan dan membaharui mereka..
Kemudian pencurahan Roh Kudus yang pertama terjadi pada saat Pentakosta, Kisah Para Rasul 2 : 4 "Maka penuhlah mereka dengan Roh Kudus, lalu mereka mulai berkata-kata dalam bahasa-bahasa lain, seperti yang diberikan oleh Roh itu kepada mereka untuk mengatakannya."
Dan Pencurahan Roh Kudus tahap kedua termuat dalam Kisah Para Rasul 4 : 31 "Dan ketika mereka sedang berdoa, goyanglah tempat mereka berkumpul itu dan mereka semua penuh dengan Roh Kudus, lalu mereka memberitakan firman Allah dengan berani".

Syaloom......

Comments :

0 comments to “Materi Pengajaran dalam Ibadah Minggu 17 Januari 2010”

Post a Comment