Ibadah Minggu tangggal 9 Mei 2010


Syaloom...
Tidak terasa seminggu tak berjumpa dengan sesama anak Tuhan dalam jemaat GPI Eklesia .. Ada kerinduan tersendiri disini untuk melihat betapa kemulian Tuhan begitu dahsyat terjadi dalam kehidupan masing-masing jemaat..
Minggu ini ibadah dilaksanakan mulai pukul 09.30 dan diawali dengan berbagai puji-pujian, baik yang sudah sering dinyanyikan maupun lagu-lagu yang baru diajarkan..
Pemberitaan firman terambil dari Lukas 12 : 16 -21 mengenai perumpamaan "Orang kaya yang bodoh".. Materi pengajaran dibawakan oleh Gembala Sidang,Pdt. Ayub Taniwel, S.Th...

Materi Pengajaran

Pembacaan firman : Luk. 12 : 16 – 21
Perumpamaan tentang orang kaya yang bodoh..

Yesus senantiasa memberikan perumpamaan untuk murid-murid dan orang banyak…
Ada orang kaya yang mempunyai hasil tanah (pertanian) yang sangat banyak sehingga tidak mempunyai tempat untuk menyimpannya lagi.. (ayat 16 – 17)
Perencanaan untuk membuat tempat penyimpanan yang lebih besar lagi agar mampu menyimpan lebih banyak lagi barangnya… (ayat 18)..
Kemudian ia berkata kepada jiwanya, bahwa telah tersedia banyak barang untuk dinikmati bertahun-tahun lamanya.. (harta duniawi).. sehingga jiwa bisa bersenang-senang, beristirahat, makan dan minum.. (ayat 18)
Tapi apa yang dikatakan Allah..? Engkau orang bodoh, pada malam ini juga jiwamu akan diambil dari padamu, dan apa yang telah kausediakan, untuk siapakah itu nanti ? (ayat 20)..
Karena tubuh kita ini tidak abadi dan roh kita akan kembali kepada Allah yang mengaruniakannya.. (Pengkhotbah 12 : 7).. Tergantung apakah kita sudah mempersiapkan diri kita dan keluarga kita untuk menghadapi saat itu… ayat ini diperuntukkan untuk orang-orang yang mati dalam Tuhan, sedangkan orang fasik yang mati dalam dosa, rohnya akan dipisahkan kedalam alam maut.. karena itu orang fasik dibiarkan hidup lama agar bisa diselamatkan dan bertobat..
Perumpamaan diatas ditujukan kepada orang-orang yang mengumpulkan harta bagi dirinya sendiri, jikalau ia tidak kaya di hadapan Allah.. (ayat 21)
Kita semua dalam jemaat adalah orang-orang yang tidak berkelebihan, tetapi berkecukupan saja bahkan kadang-kadang berkekurangan.. Dicontohkan dengan jemaat di Smirna (Wahyu 2 : 8 – 9), dimana dalam kesusahan dan kemiskinannya, namun mereka kaya..
Yang dikatakan kaya disini adalah kaya dalam segala hal ; dalam segala macam perkataan dan segala macam pengetahuan, sebab kita hidup dalam Yesus.. dan tidak kekurangan dalam suatu karunia pun.. (1 Korintus 1 : 5 - 7)
Bagaimana agar kita hidup dalam Yesus ..? Satu-satunya cara yaitu apabila kita makan Daging Yesus dan minum Darah Yesus (Perjamuan).. karena dengan hal itu maka kita tinggal dalam Yesus dan Yesus tinggal didalam kita (Yoh 6 : 55 – 56)…
Untuk hidup dalam Yesus, maka kita harus menyucikan diri kita dari pada segala dosa dan hidup dalam terang sama seperti Yesus ada didalam terang…… (1 Yohanes 1 : 7).. sehingga kita bisa diperkaya dalam perkataan dan pengetahuan..
Begitu banyak karunia, tetapi hanya ada satu Roh.. dan ada rupa-rupa pelayanan, tetapi satu Tuhan.. ( 1 Korintus 12 : 4 – 5 ).. pelayanan juga merupakan karunia dari Tuhan yang diberikan kepada orang-orang tertentu.. yaitu rasul-rasul, nabi-nabi, pemberita-pemberita injil, gembala-gembala dan pengajar-pengajar (Efesus 4 : 11).. Dan hal ini tidak didapat di bangku sekolah maupun sekolah tinggi.
Contohnya Rasul.. Siapa itu “rasul” ?? (1 Korintus 9 : 1 - 2).. seorang rasul adalah orang bebas.. (tidak terikat)… telah melihat Yesus…. ada buah pekerjaan, yaitu jemaat yang hidupnya dalam Tuhan dan memiliki berbagai macam karunia yang merupakan meterai dari kerasulannya..
Selain itu rasul melakukan tanda-tanda, mujizat-mujizat dan kuasa-kuasa…(2 Korintus 12 : 12)…
Karena itu dalam jemaat yang benar-benar dalam Tuhan ditetapkan beberapa orang: pertama, sebagai rasul, kedua sebagai nabi, ketiga sebagai pengajar.. Selanjutnya mereka yang mendapat karunia untuk mengadakan mujizat, untuk menyembuhkan, untuk melayani, untuk memimpin dan untuk berkata-kata dalam bahasa roh… (1 Korintus 12 : 28)..
Semua hal diatas untuk meneguhkan firman Tuhan dalam 1 Korintus 4 : 20, “Sebab Kerajaan Allah bukan terdiri dari perkataan, tetapi dari kuasa.”
Kesimpulannya, hendaknya kita menjadi kaya dihadapan Tuhan dan bukan mengumpulkan harta di dunia.. Karena Bapa kita yang di Sorga adalah kaya, tinggal bagaimana kita memintanya dari Bapa.. Karena Bapa memiliki segalanya dan apabila kita meminta akan menerima dan kita mencari akan mendapat dan kita mengetok maka pintu akan dibukakan…(Lukas 11 : 9 – 13)…

Tuhan Yesus senantiasa memberkati kita dan menjadikan kita yang terkaya dalam Yesus..
Syaloom………………

Comments :

0 comments to “Ibadah Minggu tangggal 9 Mei 2010”

Post a Comment