Ibadah Minggu Tanggal 16 Mei 2010


Syaloom....

Ibadah Minggu kali ini berlangsung tepat pukul 09.30 dan berakhir pada pukul 12.15 WIT, diawali dengan puji-pujian dan penyembahan yang diiringi oleh Sdr. Ricky Roespanah dengan lantuna keyboard, dipandu oleh WL Balerina Tenine dan Singers masing-masing Vanda Taniwel, Paula Hattu, dan Wilma Neyte..

Pembacaan Firman terambil dari 1 Korintus 2 : 6 - 9 dan materi pengajaran dibawakan oleh Gembala Sidang Pdt. Ayub Taniwel, S.Th tentang "Hikmat Yang Benar"..

Materi Pengajaran :

Pembacaan Firman : 1 Korintus 2 : 6 – 9

“HIKMAT YANG BENAR”

Apabila kita berbicara mengenai hikmat yang benar maka tentunya ada juga hikmat yang tidak benar.. Dalam Yakobus 3 : 13, dikatakan bahwa hikmat yang benar lahir dari kelemah lembutan.. Namun hikmat yang bukan dari atas tetapi dari dunia, dari nafsu manusia, dari setan-setan, yaitu perasaan iri hati, mementingkan diri sendiri, memegahkan diri dan berdusta melawan kebenaran. (Yakobus 3 : 14 – 16)..
(Ayat 6..)Hikmat yang benar diberitakan dan diajarkan kepada mereka yang telah matang.. Arti “orang yang telah matang” disini adalah yang dimaksudkan dalam Yakobus 1 : 2 – 4.. yaitu anak-anak Tuhan yang senantiasa imannya diuji dengan berbagai-bagai macam pencobaan untuk menghasilkan ketekunan, karena dari ketekunan inilah diperoleh buah yang matang, supaya menjadi sempurna dan utuh dan tak kekurangan suatu apa pun.
Dan apakah yang dimaksudkan dengan “Hikmat” itu sendiri ??? 1 Korintus 1 : 24 menyatakan bahwa Kristus adalah kekuatan Allah dan hikmat Allah… Dan untuk mendapatkan hikmat yang benar dituntut untuk memiliki iman dalam hidup.. Siapakah “Iman” itu, Galatia 3 : 22 – 24 secara tegas menyatakan bahwa Yesus adalah iman itu sendiri..
Hikmat yang dari atas adalah murni, pendamai, peramah, penurut, penuh belas kasihan, tidak memihak dan tidak munafik… (Yakobus 3 : 17).. Dan orang yang berhikmat memiliki lebih banyak kekuatan dari pada sepuluh penguasa dalam kota.. (Pengkhotbah 7 : 19).,. Dan siapakah seperti orang berhikmat ? Siapakah mengetahui keterangan setiap perkara ? Hikmat menjadikan manusia bercahaya dan berubahlah kekerasan wajahnya..(Pengkhotbah 8 : 1)..
Amsal 29 : 19 mengatakan bahwa “dengan kata-kata saja seorang hamba tidak dapat diajari, sebab walaupun ia mengerti, namun ia tidak mengindahkannya”… Artinya anak-anak Tuhan tidak diajari dengan kata-kata saja.. tetapi dengan tongkat dan teguran yang mendatangkan hikmat (Amsal 29 : 15).. Tongkat dan teguran disini adalah berbagai pencobaan yang kita alami.. Hal ini terjadi karena Tuhan menyayangi anak-anak-Nya seperti yang tertulis dalam Ibrani 12 : 5 – 7.. bahwa apabila kita menanggung ganjaran dari Allah maka artinya Allah memperlakukan kita sebagai anak..

(Ayat 7 - 8..) Namun hikmat yang dari Allah adalah tersembunyi dan rahasia, yang sebelum dunia dijadikan, disediakan Allah bagi kemuliaan kita.. dan penguasa dunia tidak mengenalnya..
(Ayat 9,..) Namun semua itu disediakan Tuhan bagi kita

Amin.....................

Tuhan memberkati kita semua.... Syaloom................

Comments :

0 comments to “Ibadah Minggu Tanggal 16 Mei 2010”

Post a Comment